Selasa, 13 November 2012

MAKALAH TENTANG PERANGKAT KERAS UNTUK AKSES INTERNET


Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.

Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.

Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.





DAFTAR ISI
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..............................................................
DAFTAR ISI............................................................................

              BAB 1 PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
B. RUMUSAN MASALAH
               BAB 2 PEMBAHASAN
A.PERANGKAT KERAS UTAMA…………………………….
   1.KOMPUTER…………………………………………….....
    2.MODEM…………………………………………………..
    3. SALURAN TELEPON…………………………………...
B. PERANGKAT KERAS PENDUKUNG…………………….
    1.HUB/SWITCH……………………....…………………….
    2.REPEATER………………………………....……………..
    3. BRIDGE…………………………………………………..
    4. ROUTER…………………………………………………
               BAB 3 PENUTUP
A.KESIMPULAN………………………………..……………
B.KRITIK DANSARAN…………………...…………………
                DAFTARPUSTAKA………………………………..




BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Apa pengertian dari Internet,Pengertiannya adalah jaringan global komputer di dunia,dapat diartikan juga sebagai Jaringan Komputer yang luas dan besar yang mendunia,yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,dimana di dalamnya terdapat berbagai macam sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.Internet berasal dari kata Interconnection Networking,yang artinya koneksi atau hubungan antara berbagai macam komputer dengan berbagai macam type dan jenisnya.
Saat ini sudah jamannya internet, jadi rasanya tidak asing lagi dengan kata internet dan kroni-kroninya. Nah kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang internet itu sendiri dalam hal cara mengaksesnya dan berbagai pengetahuan tentang internet.Karena itulah saya sengaja membuat makalah ini,selain karena tugas juga karena ingin membagi pengetahuan 

B.  RUMUSAN MASALAH
 
 Adapun masalah-masalah yang akan dibahas pada makalah ini antara lain:
1.Perangkat keras yang dapat digunakan untuk mengakses internet.
2. Perangkat pendukung  yang dapat digunakan untuk mengakses internet.



BAB II 
PEMBAHASAN  

 A.Perangkat Keras Utama
-->
Perangkat keras utama adalah perangkat yang wajib ada atau mutlak diperlukan jika kita ingin akses internet.

-->
          Macam-macam perangkat keras utama adalah :
  1.  KOMPUTER
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet.Spesifikasi computer yang di gunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet.Semakin tinggi spesifikasi sebuah computer,,semakin cepat kinerja akses internet,begitu pula sebaliknya.


Spesifikasi minimal untuk PC (Personal Computer) atau laptop agar bisa diguakan untuk mengakses internet adalah :
    - Processor Pentium III 500 Mhz
    - Ram 64 MB
    - VGA Card 4 MB
    - Sound Card dan Speaker
    - CD ROM
    - Harddisk 10 GB
    - Monitor CRT SVGA



 2. MODEM
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”,seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
Modem terbagi atas:
1. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
2. Modem ADSL
3. Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan  lewat TV Kabel
4. Modem CDMA
5. Modem 3GP
6. Modem GSM



3. SALURAN TELEPON

Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.



B. Perangkat Keras Pendukung
          Perangkat pendukung adalah perangkat yang sifatnya tambahan atau melengkapi dari perangkat utama
            Macam-macan perangkat pendukung adalah :
           1. Hub / Switch
Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan.Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.


2. Repeater
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya .




 

3.Bridge

Adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet.

 

4. Router

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.
Cara kerja router mirip dengan bridge jaringan, yakni mereka dapat meneruskan paket data jaringan dan dapat juga membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan. Akan tetapi, router berjalan pada lapisan ketiga pada model OSI (lapisan jaringan), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, seperti halnya alamat IP. Sementara itu, bridge jaringan berjalan pada lapisan kedua pada model OSI (lapisan data-link), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, yakni MAC address.
Lalu, kapan penggunaan bridge jaringan dilakukan dan kapan penggunakan router dilakukan? Bridge, sebaiknya digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang sama (sebagai contoh: segmen jaringan berbasis IP dengan segmen jaringan IP lainnya). Selain itu, bridge juga dapat digunakan ketika di dalam jaringan terdapat protokol-protokol yang tidak bisa melakukan routing, seperti halnya NetBEUI. Sementara itu, router sebaiknya digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang berebeda (seperti halnya untuk menghubungkan segmen jaringan IP dengan segmen jaringan IPX.) Secara umum, router lebih cerdas dibandingkan dengan bridge jaringan dan dapat meningkatkan bandwidth jaringan, mengingat router tidak meneruskan paket broadcast ke jaringan yang dituju. Dan, penggunaan router yang paling sering dilakukan adalah ketika kita hendak menghubungkan jaringan kita ke internet.


 BAB III
 PENUTUP

A.KESIMPULAN

          Internet sangatlah berperan penting dalam kehidupan sehari-hari kita, dengan internet kita sangat bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain dan mudah mendapatkan informasi terkini dimana pun dan kapan pun.Internet merupakan bukti dari kemajuan teknologi dan kemajuan zaman.
Tetapi kita harus menyadari bahwa semua itu mempunyai dampak yang buruk juga bagi kita semua terutama generasi muda sekarang,.akan tetapi semua itu bisa terhilangkan jika kita semua menyadari bagaimana bahaya dari teknologi tersebut dan tidak mempersalah gunakan hal tersebut.

B.KRITIK DAN SARAN

          Didalam penulisan makalah ini,penulis menyadari selaku manusia biasa yang tak luput dari lupa dan salah, maka dari itu penulis sangat mengharapkan Kritikan maupun Saran dari Ustad/ustadzah, teman-teman, atau siapa saja yang membaca makalah ini.
Dari itu kurang maupun lebihnya penulis mengucapkan banyak terima kasih.


DAFTAR PUSTAKA
http://www.umboh.net/2011/10/perangkat-keras-untuk-akses-internet.html#ixzz2C5GPSQXZ
http://dhee92.wordpress.com/2008/08/06/perangkat-keras-untuk-mengakses-internet/
http://id.scribd.com/doc/36346285/Perangkat-Keras-Akses-Internet
http://www.sarjanaku.com/2011/05/contoh-kata-pengantar-yang-baik.html
http://andriq.wordpress.com/2010/12/05/makalah-tik/



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar